Halaman Utama

  

Thursday, September 20, 2007

Braveheart vs PSPB

Waktu lagi booming film Braveheart, jaman SMA. Saya Dan mungkin banyak orang lain berpikir kalau sosok kepahlawanan William Wallace itu hebat banget padahal siapa si yg tau apa itu Skotlandia sebelumnya, paling yg Kita tau cuman "negara yg sekelompok cowo nya suka make rok merah kotak2 yg hobinya niup terompet tradisional yg suaranya fals kecekek gitu", cuman itu. Tapi setelah ada Braveheart, apa yg terjadi banyak orang bukan cuma tau apa itu skotlandia, tapi juga sejarah kepahlawanan mereka.

Waktu itu saya berpikir kenapa saya mau dengan senangnya melihat sejarah kepahlawanan negara Ga di kenal, padahal di sekolah belajar sejarah atau PSPB aja males banget, William Walace di film tsb habat banget, tapi apakah pahlawan-pahlawan Indonesia Ga Ada yg sehebat itu.

Ternyata setelah dikaji ternyata pahlawan-pahlawan Indonesia itu jauh lebih hebat dari si William tsb banyangin aja:
  1. Cut nyak dien, pahlawan wanita aceh yg buta tapi mampu jadi pemimpin perang.
  2. Dipenogoro, anak raja yogya, mau berkorban ngedatengin belanda yg di iming-imingi perjanjian damai (Dan ceritanya sama kaya ending nya si William) walaupun siksaannya Ga sesadis itu. Tapi akhir kematiannya tetap sama.
  3. Sudirman, bapak perang grilya, walaupun lumpuh tapi masih mampu memimpin pasukan perang gerilya (keluar masuk hutan) Dan satu hal lagi buku panduan perang gerilya yg dia buat itu, jadi salah satu panduan tekhnik perang militer luar termasuk amerika

Dan saya rasa banyak lagi yg lainnya, Dan kalau di tanya mengapa mereka Ga kurang di kenal, saya rasa karena penyajiannya, di sekolah Kita di paksa untuk mengenal, di sekolah cuma Ada gambar close up mereka, yg akhirnya udah di paksa, di ruangan sekolah isinya tampang yg sama juga kebayang dong eneqnya.

Mungkin kalau Kita menyajikan secara alternatif, menceritakan dengan menyenangkan, menjelaskan tanpa memaksa, Dan penggambaran yg tepat guna bukan sekedar lucu-lucuan. Kita bisa jauh lebih mengenal mereka dari pada tokoh-tokoh kepahlawanan luar.

 

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Ass W W

Selamat datang di dunia blogging Pak Eko...

Sukses selalu...

Wasalam

Sony
http://sonytrigiantoro.blogspot.com

September 20, 2007 at 10:16 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home